25 Februari 2008

Semur Daging

Berhubung sekarang udah mulai bisa bedain mana lengkuas, mana kunyit, mana jahe, mana sikat gigi (loh?), aku mo nyoba posting soal masakan ah.
Ini menu hari minggu kemaren. Resepnya nyontek sana sini (yang berasa nyiptain resep ini, maap ya udah aku publish disini..heheeh) Rasanya dijamin maknyus...apalagi untuk mreka yang berdarah jawa,
soalnya masakan ini manis seperti sayah.. :)

Oke here we go

Bahan :
500 gr daging sapi (aku milih bagian khas nya, biar gak lama2 direbus udah lembut)
1 bh tomat, potong2
4 sdm kecap manis
4bh cengkeh
4cm kayu manis
4 siung bawang merah, iris tipis2
1sdm gula pasir (jangan biasain pake penyedap yah)
garam (dikira2 aja, sesuai selera)
minyak makan buat numis
300ml aer

Bumbu yang dihalusin :
4 siung bawang putih
1cm jahe
4btr kemiri
1sdt ketumbar
1sdt merica
buah pala dikiit aja

Cara :
1. Tumis bawang merah sampe harum
2. Masukkan bumbu yang udah dihaluskan, berikut cengkeh, kayu manis.
3. Aduk2 sampe berubah warna
4. Masukkan daging, aduk lagi sampe berubah warna
5. Tuang air sedikit sedikit sambil diaduk2.. (pake api kecil)
6. Setelah dagingnya lembut, masukin tomat, kecap dan garam
7. Aduk sampe airnya gak gitu banyak lagi..
8. Angkat trus sajikan deeeh...

4 komentar:

Zee mengatakan...

Selamat ya tes, akhirnya bisa juga tc gantikan posisi si Ati itu...da pande masak skrg :p~

~ tc ~ mengatakan...

hahaha... setidaknya makin disayang si batak itu aku kak.. walopun tangan bauk bawang.. :D

uam mengatakan...

maaak.. blog ini sekarang blog kuliner yah?

BATAKJOGAL mengatakan...

adek orang jawa ato batak?
koq manis smua masakannya.. hehe